• IbcA ANNIVERSARY GATHERING & LAUNCHING INDONESIAN LIGHT WOOD ASSOCIATION

    PRESS RELEASE

    IbcA ANNIVERSARY GATHERING & LAUNCHING ILWA

    31 JULI 2017

    IbcA (Indonesian Barecore Association) dideklarasikan pada tanggal 05 Mei 2015 di Solo, beranggotakan 123 pabrikan terdaftar sebagai Rumah Barecore Indonesia dengan Spirit Go Green, Go Quality, Go International.

    Disadari bahwa selama ini Negara tujuan ekspor terbesar adalah China dan Taiwan, namun daya serapnya relative tetap. Hal tersebut menimbulkan persaingan tidak sehat antar sesama pabrikan barecore Indonesia. Maka IbcA berupaya mencari terobosan peluang ekspor produk kayuringan ke pasar Eropa, tidak terbatas pada produk barecore.

    Upaya tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah yang memberlakukan SVLK untuk ekspor produk kayu ke Negara Eropa yang telah disahkan dalam bentuk kerjasama G to G. Sehingga hal tersebut membuka akses lebih luas untuk menembus pasar Eropa.

    IbcA telah bekerjasama dan berperan aktif dalam kegiatan pengembangan dan promosikan produk berbasis kayu ringan. Macam kegiatan dimaksud yang berkejasama dengan lembaga asing seperti IPD (Import Promotion Desk), Jerman dan SIPO (Swiss Import Promotion Organization) adalah sebagai berikut :

    -Trade Expo di Jakarta pada tanggal 12-16 Oktober 2016

    -Informal Meeting di Jogjakarta pada tanggal 21 Oktober 2016

    – ILCF (Indonesian Light Wood Cooperation Forum) di Jakarta pada tanggal 13 Maret 2017

    – INTERZUM di Koln-Jerman pada tanggal 16-19 Mei 2017

    Dari serangkaian kegiatan tersebut dan berdasarkan realita pasar Eropa maka bila IbcA terus berkutat hanya pada komoditas barecore tentu tidak akan mampu berkembang dan menembus pasar Eropa. Sementara kualitas kayu ringan (sengon,jabon) Indonesia telah diakui dunia dan belum tergantikan yang pada dasarnya light wood ditanam oleh masyarakat secara luas sehingga dengan perluasan/pengembangan produk akan memberikan dampak kepada petani kayu ringan.

    Maka IbcA harus berbenah diri dan berani hadapi peluang dan tantangan produk kayu ringan untuk menembus pasar Eropa dan Amerika. Oleh karena itu dengan tujuan agar bisa menuju Go International dan mencakup multi produk yang berbasis kayu ringan, IbcA (Indonesian Barecore Association) perlu merubah diri menjadi ILWA (Indonesian Light Wood Association).

    Dengan ILWA  berarti kita langsung terkoneksi dengan asosiasi – asosiasi sejenis (kayu ringan / light wood) di seluruh dunia yang secara langsung akan menciptakan jaringan market yang jauh lebih luas dan jangka panjang (market sustainable).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »