• Papan Barecore Sulit Berkembang

    IMG_0743[1]

    Sukoharjo, Kompas – Ekspor dari industri papan kayu barecore kini sulit berkembang karena terlalu bergantung pada Tiongkok. Hal ini menyebabkan kapasitas terpasang dari industri tersebut jauh lebih tinggi daripada permintaan. “Industri ini harus berkembang antara lain dengan mencoba menembus pasar ekspor Eropa,” kata Wakil Ketua Umum Indonesian Barecore Association (IbcA) Sumardji Sarsono, Jum’at 10/2/2017 di Sukoharjo, Jawa Tengah.

    Sebagai Informasi, barecore adalah papan yang disusun dari potongan kayu sengon. Produk ini merupakan bahan setengah jadi untuk mebel atau dinding ramah lingkungan. Rakyat di pulau Jawa pun kini banyak yang tertarik menanam sengon.

    Upaya untuk menembus pasar ekspor Eropa, kata Sumardji akan dikerjakan dengan mengikuti forum International Lightwood Forum pada bulan Maret mendatang di Jakarta. Forum ini akan dihadiri pelaku bisnis dari negara-negara Eropa.

    Kami akan mempromosikan barecore di forum itu dengan harapan kelebihan produksi barecore bisa didiversifikasi menjadi produk jadi untuk diekspor ke Eropa. Ini perlu waktu, tapi kami harus berani memulainya dengan membuat produk yang sesuai keinginan pasar Eropa”, katanya.

    Dikatakan Sumardji, lebih dari 90% ekspor papan barecore kini ditujukan ke Tiongkok. Rata-rata volume ekspor tahun 2016 mencapai 3.118 kontainer (ukuran 40 kaki) per bulan.

    “Padahal kapasitas terpasang industri barecore mencapai 6.000 – 7.000 kontainer per bulan,” katanya.
    Berdasarkan data dari Direktorat Jendral Bea dan cukai kementrian Keuangan, ekspor barecore pun menurun. Tahun 2015, volumu ekspor sebanyak 78.966 TEU’s (kontainer 20 kaki), sedangkan tanhun 2016 menjadi 74.829 TEU’s.

    Dosen Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor Dede Hermawan mengatakan, industri barecore dapat menghasilkan sejumlah produk. Salah satu produk yang bisa dikembangkan adalah pellet dari bahan sisa gergajian kayu sengon untuk bahan bakar seperti pellet batu bara (RWN).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »