• Koperasi Konsumen Ijo Royo-Royo Bumiku

    SEPTEMBER 30x45

    Pemerintah Republik Indonesia telah menggariskan dengan tegas bahwa dalam rangka pembangunan nasional, dewasa ini koperasi harus menjadi soko guru dan wadah utama bagi perekonomian rakyat. Kebijakan tersebut benar – benar sesuai dengan isi dan jiwa UUD 1945 pasal 33 ayat 1, yang menyatakan bahwa perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama, bangun usaha yang sesuai dengan itu adalah Koperasi. Sehubungan dengan itu, peranan koperasi menjadi sangat penting karena dalam melaksanakan kegiatan ekonomi yang secara bersama – sama dapat menggalang kekuatan yang lebih besar untuk mencapai kesejahteraan yang lebih baik.

    Bertepatan dengan rangkaian acara Rakornas II Indonesian Barecore Association di Jogjakarta,  Ketua Umum Indonesian Barecore Association Ir. Hari Mulyono mencetuskan ide pembentukan Koperasi untuk IbcA. Dalam sambutannya tersebut, Hari Mulyono menyampaikan harapannya bahwa nantinya jika telah lahir koperasi milik IbcA, koperasi ini akan menjadi garda depan asosiasi  sehingga dapat menjaga keberlangsungan bisnis barecore agar di masa yang akan datang bisnis industri barecore tidak jatuh seperti industri-industri lainnya yang mengalami pasang surut. Lebih lanjut Hari Mulyono juga menyampaikan bahwa koperasi ini  juga akan menjadi penelitian dan pengembangan (litbang) bagi masyarakat pada umumnya dan anggota IbcA pada khususnya untuk menciptakan end product (hasil akhir) sehingga kita bukan hanya jadi kumpulan exportir raw material yang mengumpan negara-negara lain melainkan dapat berkiprah pula mengembangkan bisnis barecore kearah yang lebih baik lagi.

    Menindaklanjuti ide yang dicetuskan oleh Ketua Umum IbcA, Ir. Hari Mulyono, pada tanggal 17 November 2016, IbcA mengadakan sosialisasi pra koperasi di Sekretariat IbcA yang bertempat di Grogol, Sukoharjo. Sosialiasi yang dihadiri lebih dari 30 pengusaha Barecore ini menyepakati nama koperasi IbcA menjadi Koperasi Konsumen Ijo Royo-Royo Bumiku. Harapannya adalah dengan lahirnya Koperasi Konsumen Ijo Royo-Royo Bumiku  akan mendorong geliat kegiatan perekonomian di Industri Barecore pada khususnya sehingga nantinya semakin maju dan berjaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »