• Indonesian Barecore Association

    SEJARAH  BERDIRINYA IbcA

    Industri barecore menjadi industri primadona 10 tahun belakangan ini, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, prosesnya simpel, cepat serta keuntungan yang cukup menggiurkan menjadi daya tarik industri barecore. Melihat potensi tersebut akhirnya banyak pihak berbondong-bondong mendirikan perusahaan barecore. Dari data yang terkumpul terdapat +/- 200 perusahaan barecore yang berada di Indonesia, dengan kapasitas lebih dari 4000 container per bulan. Kondisi ini menyebabkan munculnya berbagai permasalahan, usaha sangat dipengaruhi demand dan supply. Pasar barecore hampir 95 % diekspor ke negara China, sedang kebutuhan negara China kurang dari 4000 container per bulan, sehingga terjadi over supply. Harga menjadi tidak terkontrol.

    Awal tahun 2015 menjadi tahun yang berat bagi industri barecore, dengan banyaknya industri yang muncul bahan baku menjadi sulit. Karena over supply harga turun drastis. Bahkan hingga menyentuh USD 235 per meter kubik yang pada awalnya barecore bisa bernilai lebih dari USD 300 per meter kubik. Hal ini menyebabkan industri barecore menjadi lesu & mati suri.

    Untuk itu dibentuklah sebuah asosiasi untuk menjembatani berbagai permasalahan yang muncul seputar industri barecore dengan lahirnya IbcA “Indonesian Bare Core Assosiation” (Asosiasi pengusaha barecore seluruh Indonesia) yang dideklarasi pada tanggal 5 Mei 2015. Inisiator Asosiasi ini adalah Ir. Hari Mulyono. Gagasan ini muncul seiring dengan perkembangan industri barecore yang sangat pesat dari tahun ke tahun, sehingga perlu adanya wadah asosiasi untuk memecahkan masalah internal dan eksternal, peningkatan teknik, peningkatan SDM, ketersediaan bahan baku, serta ikut peduli selalu menjaga lingkungan.

    Deklarasi Indonesian Bare Core Assosiasion dihadiri oleh pengusaha barecore seluruh Indonesia dan diresmikan oleh Sekjen Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ing. Ir. Hadi Daryanto, D.E.A. Deklarasi ini merupakan tonggak bersejarah industri barecore Indonesia dengan berdirinya IbcA (Indonesian Bare Core Assosiasion) yang mengusung slogan “kerja!kerja!kerja!”. IbcA menjadi spirit baru di industri barecore Indonesia sehingga dapat memajukan dunia usaha barecore dan memperkuat perdagangan dan perekonomian industri kayu Indonesia di mata dunia yang memiliki kualitas tinggi, daya saing, dan daya jual tinggi.

    Industri barecore Indonesia saat ini turut menyumbang devisa negara serta berperan aktif dalam peningkatan perekonomian Indonesia, tidak kurang dari $450 juta devisa negara dihasilkan oleh industri ini. Dengan potensi yang luar biasa ini diperlukan wadah sebagai tempat diskusi serta jembatan dalam pengembangan industri barecore tanah air.

    Tujuan dari terbentuknya asosiasi ini adalah :

    1. Turut serta dalam pembangunan ekonomi negara
    2. Mendorong anggota untuk meningkatkan pengolahan dengan memperhatikan kelestarian hutan
    3. Mendorong anggota untuk meningkatkan perdagangan hasil produksi dengan memberikan data dan informasi sehingga tidak dipermainkan para tengkulak dan importir luar negeri.
    4. Mendorong penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia/Asean) salah satu bidang yang rentan terhadap masuknya tenaga kerja asing dalam bidang perkayuan.
    5. Bersama menyikapi aturan pemerintah yang tidak atau kurang mendukung industri perkayuan terutama barecore.
    6. Mendorong dan menjaga agar produksi kita tidak over supply sehingga akan terjadi penurunan harga yang tidak diinginkan.
    7. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan negara tujuan ekspor barecore, sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan.

    VISI DAN MISI IBCA

    1. Vision

    Visi Indonesian Bare Core Association IbcA Tahun 2015-2020 : Terciptanya Pelaku Usaha Barecore Indonesia yang Sejahtera, Adil, Makmur dan Bermartabat.

    1. Misi

    Untuk mewujudkan visi IbcA Tahun 2015-2020, maka ditetapkan misi sebagai berikut :

    1. Melakukan pengendalian dan pengawasan dalam pelaksanaan kebijakan IbcA.
    2. Menjaga ketersediaan bahan baku dengan standar kwalitas yang baik
    3. Meningkatkan effisiensi & produktifitas usaha barecore.
    4. Meningkatkan nilai jual & memperluas pasar barecore
    5. Melakukan koordinasi dengan pemerintah agar kebijakan-kebijakan yang ditetapkan bisa mendukung usaha barecore

    Dalam menjalankan misi tersebut, nilai-nilai berikut menjadi pedoman dan acuan dalam bertindak dan berperilaku bagi setiap SDM IbcA :

    Jujur,

    Kebersamaan (teamwork).

    Saling mempercayai.

    Saling menghargai.

    Kreativitas.

    Inovasi

    Longlife education.

     SEMBOYAN IbcA

    IbcA Go Green, IbcA Luar Biasa, IbcA Mendunia

    Tujuan IbcA

    Tujuan yang ingin dicapai oleh Indonesian Bare Core Association IbcA adalah :

    1. Mendorong, berperan serta dalam mengembangkan jiwa kewiraswastaan dikalangan anggota.
    2. Membina, memajukan dan mengembangkan anggota menjadi pengusaha yang profesional, kuat dan tangguh dalam sektor yang ditekuninya.
    3. Meningkatkan Effisiensi dan Produksivitas Usaha Barecore. Pencapaian tujuan ini ditandai dengan : Meningkatnya peran industri barecore terhadap pertumbuhan ekonomi nasional; Meningkatnya effisiensi & kapasitas produksi barecore yang memiliki standarisasi produk yang jelas. Meningkatnya pendapatan pelaku usaha barecore.
    4. Berkembangnya Diversifikasi dan Pangsa Pasar Produk Barecore. Pencapaian tujuan ini ditandai dengan: Meningkatkan ketersediaan bahan baku dengan standar kwalitas yang baik Meningkatkan branding produk barecore dan market di pasar luar negeri; Meningkatkan mutu dan keamanan produksi barecore sesuai standar.
    5. Berperan serta dalam pelaksanaan program Pemerintah dan turut mensukseskan program pembangunan nasional maupun daerah menuju pada terciptanya masyarakat yang adil dan makmur.
    6. Berperan serta dalam usaha-usaha berdaya guna dan tepat guna, menggali memanfaatkan sumber-sumber daya alam dengan tetap mengupayakan mencegah timbulnya kerusakan dan pencemaran terhadap lingkungan hidup. Serta membina, mengembangkan sumber daya manusia dalam proses alih teknologi menuju pada profesionalisme dan daya cipta, guna menunjang pertumbuhan ekonomi dan stabilitas serta ketahanan nasional.

    melalui Koordinasi Kebijakan, Sinkronisasi Pelaksanaan Kebijakan, serta Pengendalian dan Pengawasan yang Efektif dan Efisien.

    Sasaran Strategis

    Adapun sasaran yang ingin dicapai oleh IbcA adalah : ”Tercapainya peningkatan effisiensi & produktifitas Industri barecore, peningkatkan pasar barecore & ketersediaan bahan baku melalui Koordinasi dan Pengendalian Pelaksanaan Program Kerja IbcA

    Penjelasan sasaran di atas yaitu, IbcA memfokuskan pada upaya perbaikan mekanisme koordinasi dalam rangka mensinergikan, melaksanakan serta melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan program kerja IbcA yang secara teknis dilaksanakan oleh bidang-bidang di bawah koordinasi IbcA. Adapun sasaran strategis koordinasi IbcA dikelompokkan dalam 3 (tiga) hal sebagaimana disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »